Rabu, 26 Mei 2010

Gerakan Non-Blok Desak Bahas Isu Nuklir Israel

Do you want to share?

Do you like this story?


New York: Negara anggota Gerakan Non Blok (GNB) mendesak pembahasan isu nuklir Israel masuk dalam daftar konferensi Non Proliferasi Nuklir atau NPT Perserikatan Bangsa-Bangsa 2014 nanti. Demikian tuntutan Ketua negara anggota Gerakan Non Blok Mesir yang diwakili Hisyam Badar di Tokyo, Jepang, Ahad (16/5).

Saat diwawancarai, Duta besar Mesir untuk PBB Hisyam Badar mengatakan keberhasilan konferensi tergantung dalam menangani masalah Timur Tengah khususnya Israel, negara yang sampai saat ini belum bergabung dalam NPT. Draft laporan ketua GNB termasuk beberapa program sanksi juga telah disampaikan dalam meninjau ulang perjanjian NPT di New York 3 Mei lalu.

Badar juga menambahkan konferensi nuklir internasional menyepakati membuat draft kesepakatan agar tercapai tujuan penghapusan senjata nuklir di muka bumi. Bahkan, Badar menegaskan, Negara GNB juga mendesak Iran bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional atau IAEA untuk meningkatkan transparansi dalam program pengembangan nuklirnya.

Selain itu, Badar juga mengulangi seruan bagi Amerika Serikat serta negara berkekuatan nuklir lain untuk melaksanakan resolusi 1995 yaitu membuat Timur Tengah zona bebas nuklir.(NHK/ADI/AYB)

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)