Rabu, 26 Mei 2010

IAEA Berencana Selidiki Kegiatan Nuklir Israel

Do you want to share?

Do you like this story?

New York: Badan Energi Atom Internasional IAEA, mengatakan berencana membahas kegiatan nuklir Israel dalam pertemuan Dewan IAEA bulan depan, di New York, Ahad (9/5). Sumber diplomatik yang tidak ingin diidentifikasi mengatakan rancangan agenda pertemuan 7 Juni mendatang menyebutkan negara zionis akan dimasukkan dalam sebagai salah satu dari 8 poin pembahasan. Karena, IAEA berkeyakinan Israel memiliki senjata nuklir, namun negara Yahudi itu tidak mengeluarkan pernyataan membenarkan ataupun membantahnya.

Selama ini, kata diplomat, Israel tidak diwajibkan menerima kunjungan inspeksi dari IAEA, karena tidak mau menandatangani perjanjian Non Proliferasi Nuklir atau NPT. Sehingga dugaan kegiatan nuklir Israel telah menjadi isu utama yang harus dibuktikan kepada "rezim" negara penanda tangan NPT.

Bahkan, seluruh negara Arab Timur Tengah dan anggota NPT merasa frustrasi karena merasa Israel selalu mendapatkan perlakuan istimewa dari negara Barat secara lelauasa melakukan kegiatan nuklir tanpa mendapatkan sanksi. Sedangkan Iran yang juga anggota NPT selalu mendapatkan tekanan "titipan" dan ini membuktikan ketidakadilan IAEA.(NHK/AYB)

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)